Sabtu, 01 Februari 2014




VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah terminal pemancar dan penerima transmisi satelit yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung ke hub sentral melalui satelit dengan menggunakan antena parabola dengan diameter hingga 4 meter.
Teknologi ini sesuai bagi pengguna yang membutuhkan komunikasi dan jaringan independen yang menghubungkan sejumlah tempat yang terpisah secara geografis. Jaringan VSAT adalah layanan tambahan dari penyedia jasa satelit untuk mendukung aplikasi Internet, data, LAN, suara dan faksimili seta VOIP. VSAT sesuai dengan kebutuhan jaringan komunikasi publik maupun private.
Secara umum, sistem ini bekerja pada frekuensi Ku-band dan C-band. Ku-band digunakan di Eropa dan Amerika Utara dengan menggunakan antena VSAT ukuran kecil. C-band banyak digunakan di Asia, Afrika dan Amerika Latin, membutuhkan antena yang lebih besar.
Ada beberapa bentuk dan ukuran VSAT seperti point-to-point, point-to-multipoint dan on demand untuk sejumlah lokasi yang berbasis fasilitas dedicated di lokasi mereka sendiri. Sistem mesh secara umum lebih kecil ukurannya dibandingkan sistem star, sekitar 5 hingga 30 lokasi sehingga merupakan solusi yang bagus bagi kebutuhan private dan independen. Dewasa ini harga layanan VSAT makin murah, sehingga kini bisa menghubungkan ratusan bahkan ribuan lokasi.
Perusahaan Pengguna VSAT
- Pertambangan dan energi (minyak, emas dll.) yang berada di daerah terpencil
- Toko obat (apotik), supermarkets, kesehatan (rumah sakit)
- Perusahaan manufaktur, hubungan site plant ke head office
- Kurir, hotel, travel agents, car rental, food manufacturers
- Dealer kendaraan bermotor, bengkel dan pom bensin
- Bank, asuransi, lembaga keuangan lainnya
- Lembaga pemerintahan, dan lain-lain.
Kelebihan VSAT dibandingkan Internet Kabel (Wireline) dan Wireless (Microwave Radio)
Dalam hal biaya, sulit dibandingkan antara VSAT dengan layanan terestrial. Terestrial selalu memperhitungkan jarak dan kapasitas, sementara VSAT hanya memperhitungkan kapasitas, jauh maupun dekat jarak yang ditempuh tidak masalah. VSAT sangat tepat untuk menjangkau wilayah yang sulit dicapai oleh Jaringan Kabel (Wireline) maupun Jaringan Wireless (Microwave Radio). Selain itu VSAT juga dapat menjangkau area geografis yang lebih luas.
Kesimpulan
Jaringan berbasis VSAT memberikan solusi efisien, metode cost effective dan reliable untuk distribusi data ke sejumlah lokasi berbeda tanpa terkait jarak.
(Sumber : http//masendro-tkj.blogspot.com)

Provider-provider yang tergabung di Jaringan Primadona Net siap membantu Anda dalam pemasangan Internet Satelit VSAT dengan tarif murah untuk semua daerah di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara dan daerah lain di seluruh Indonesia. Kami siap membantu instalasi internet Satelit VSAT khususnya VSAT C Band yang lebih dikenal kualitas dan kestabilan koneksinya jika dibandingkan dengan VSAT Ku Band termasuk terhadap perubahan cuaca. Provider-provider yang tergabung di Jaringan Primadona Net siap membantu pengadaan koneksi internet satelit VSAT C Band untuk berbagai kalangan mulai dari instansi pemerintah, swasta, industri, bank, hotel, sekolah, kampus, dan sebagainya. Berbagai provider yang tergabung di Jaringan Primadona Net menyediakan berbagai macam jenis Internet VSAT termasuk MVSAT (Mobile VSAT) dan VSAT Gyro (Khusus untuk Kapal Laut). Tersedia berbagai paket Internet VSAT IP (Rasio 1:8, 1:4, 1:2, dan 1:1) dan VSAT SCPC (Rasio 1:1) dengan harga murah dan terjangkau. Primadona Net hanya bekerjasama dengan provider internet satelit yang sudah berkompeten dalam penyediaan layanan internet satelit sehingga dapat memberikan layanan dan koneksi yang maksimal sesuai harapan Anda. Berikut adalah paket-paket internet satelit broadband (VSAT IP) yang tersedia dari provider-provider yang ada di Jaringan Primadona Net yang berlaku untuk seluruh daerah di Indonesia :




CATATAN :     

·          Harga di atas belum termasuk PPN 10 %
·         Harga di atas belum termasuk biaya pengiriman perangkat, instalasi, dismantle, dan aktivasi link
·          Instalasi akan dilakukan setelah pembayaran untuk 1 bulan pertama diterima.
·          Minimal kontrak layanan selama 1 (satu) tahun
·          Biaya yang timbul akibat perijinan dan kelistrikan menjadi tanggung jawab pelanggan
·          Tersedia pre-asigned IP Address Public
·          Sudah termasuk biaya preventive maintenance
·          Pengiriman dan Instalasi Estimasi 3 – 4 Minggu
·          SLA ( Service Level Aggrement) 99,5%
·          Dukungan Network Operation Center 7 x 24 jam
·          Dukungan Service Point yang tersebar di seluruh Indonesia
·    Jika terjadi kerusakan perangkat yang diakibatkan oleh kelalaian pelanggan, maka dikenakan biaya penggantian sebesar 80% dari harga.

Perangkat yang dipinjamkan berupa:
1.     RFT/BUC 2 Watt
2.     LNB
3.     Modem SE 2 IP atau yang sejenis
4.     Antenna 1,8 meter
5.     Accessories

Garansi SLA hingga 99,5 % merupakan bentuk komitmen kami untuk memberikan koneksi internet satelit VSAT yang berkualitas. Provider-provider di Jaringan Primadona Net juga menyediakan paket 1024/256 kbps, 1024/512 kbps, 1024/1024 kbps, 2048/512 kbps, 2048/1024 kbps, dan 2048/2048 kbps dengan Ratio 1:1 jika Anda membutuhkan paket bandwidth yang lebih besar. Nilai latency VSAT IP Ratio 1:1 ini tentu masih lebih besar dibanding latency VSAT SCPC tetapi biaya paketnya lebih murah dibanding VSAT SCPC. Sedangkan untuk tarif dan paket-paket internet satelit dedicated (VSAT SCPC) yang tersedia silahkan hubungi contact center marketing kami. Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan internet satelit dari provider-provider yang ada di Jaringan Primadona Net serta paket-paket yang tersedia silahkan kunjungi website kami di www.vsatmurah.com atau di www.vsatindonesia.net


"PRIMADONA Net sangat merekomendasikan Anda menggunakan VSAT C Band...Hati-hati dan jangan sampai tertipu dengan penawaran VSAT Ku Band dengan tarif lebih murah tapi tidak berkualitas koneksinya dan rawan terhadap perubahan cuaca sehingga hanya akan membuat Anda sengsara dan terbuang sia-sia biaya yang sudah Anda keluarkan...Jangan tertipu dengan besar paket bandwidth yang ditawarkan...Anda tanyakan frekuensi yang digunakan (Ku Band atau C Band)...Provider yang menggunakan frekuensi Ku Band kebanyakan tidak menyampaikan kepada calon pelanggan jenis frekuensi yang dipakai serta berbagai kelemahan dan kekurangannya padahal itu adalah hak Anda sebagai calon pelanggan yang wajib Anda ketahui sebelum berlangganan...Perhatikan juga rasio bandwidth (CIR) yang diberikan (misal 1:8, 1:4, atau 1:2)...Setelah itu Anda tanyakan sampai berapa persen provider berani memberikan garansi koneksi dan layanan (SLA/SLG)...Perhatikan juga syarat minimal jangka waktu berlangganan...Kontrak layanan Provider-Provider di Jaringan PRIMADONA Net minimal 1 (satu) tahun...Provider-Provider lain pada umumnya syarat minimal kontrak 2 (dua) tahun...Anda mau koneksi internet satelit VSAT yang stabil? PRIMADONA Net solusinya...Kami berikan bukti bukan janji...Kestabilan koneksi adalah prioritas Provider-Provider di Jaringan PRIMADONA Net...Anda juga tidak perlu untuk membeli perangkat VSAT karena kami siap meminjamkan perangkat VSAT untuk Anda...Kami siap support instalasi internet satelit VSAT di seluruh daerah di Indonesia hingga di lokasi terpencil sekalipun...PRIMADONA Net tidak bertanggung jawab atas tindakan pihak-pihak yang mengatasnamakan PRIMADONA Net tanpa rekomendasi dari manajemen PRIMADONA Net...Nomor telepon resmi PRIMADONA Net hanya yang tertulis dalam website PRIMADONA Net kecuali jika sewaktu-waktu ada nomor telepon lain yang kami rekomendasikan kepada Anda..."